Blue Screen Of Dead (BSoD) Message dan Artinya

Posting ini terinspirasi saat beberapa hari yang lalu kompiku juga terjangkit penyakit Blue Screen Of Dead (BSoD). Saat mo berselancar dunia maya. eeee….pas mulai tancap-menancap modem tiba-tiba muncul gejala ane layar biru dengan deretan tulisan plus kode-kode yang tentunya dalam bahasa english, Semakin menambah pusing tujuh keliling. Panik dan bingung makin menjadi karna setelah tampil pesan aneh tersebut kompi gak bisa diapa-apain. karna gak ada pilihan lain, Yach.…dengan sangat terpaksa akhirnya aku tekan tombol power aja. diliputi pikiran harap-harap cemas kemudian aku coba hidupkan lagi kompi. walhasil….. nasibnya masih tetep sama. selang beberapa menit lagi, muncul pesan yang sama.
Dari situlah awalnya aku mulai googling kesana kemari… Hingga akhirnya ketemu deh maksud dari pesan yang sempat di tampilkan kemaren…hehehe

Berikut Penjelasan masalah-masalah yang sering timbul akibat Blue Screen Of Dead (BSoD):
1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Ini merupakan biangnya biang kerok pada BsOD. Karena umumnya pada BsOD, pesan ini yang paling sering muncul. Pesan kesalahan ini disebabkan umumnya kerena ada ketidak cocokan driver yang terinstall di komputer.
Penyebabnya bisa Masalah driver yang bentrok atau tidak cocok. Masalah Video Card, hal ini mencakup video card yang di overclock melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan Anda belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda. Masalah Audio Card, meliputi kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Nah, pesan ini setidaknya sudah sedikit “nyambung” memberikan gambaran di mana kerusakan berada, yaitu ada di partisi atau file systemnya tetapi bukan di harddisknya. Kita bisa melakukan pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau ATA atau bisa mengecek partisi dengan tool chkdsk.

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Bila Anda mendapatkan pesan seperti ini, dapat disebabkan karena Overclock Hardware yang berlebihan. Komponen komputer yang kepanasan. BIOS yang korup. Memory dan CPU yang cacat

4. DATA_BUS_ERROR
Pesan ini disebabkan karena adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard rusak.

5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Disebabkan karena adanya kerusakan hardware, termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)

6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Disebabkan karena adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.

7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Kesalahan terjadi pada instalasi driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.

8. BAD_POOL_CALLER
Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.

9. PEN_LIST_CORRUPT
Pesan ini disebabkan karena adanya kerusakan RAM

10. MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Disebabkan oleh cacatnya CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.

Semoga posting diatas bisa memberikan informasi yang tentunya bermanfaat buat pengunjung

Dikutip dari berbagai sumber alias googling. hehehe….

SUMBER

About websitecatatanku

simple man
This entry was posted in Tips dan Triks, Windows and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s